Meninggalkan Persib, klub asal Malaysia resmi mengontrak Achmad Jufriyanto


[Portal-Persib] - Persib Bandung kehilangan salah satu pemain andalannya untuk kompetisi Liga 1 2018. Bek Achmad Jufriyanto tidak lagi bersama skuat berjuluk Maung Bandung itu karena akan bermain di luar negeri.
Pihak Persib mengumumkan telah resmi melepas salah satu bek andalan mereka, Achmad Jufriyanto, ke klub asal Malaysia, Kuala Lumpur FA.

Kepergian pemain yang akrab disapa Jupe itu diumumkan Persib setelah tersingkir dari turnamen pramusim Piala Presiden 2018. Pada laga terakhir di Grup A Piala Presiden 2018, Persib kalah 0-1 dari PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (26/1).

"Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dengan ini mengumumkan telah mengakhiri kerjasama dengan Achmad Jufriyanto sebagai skuat Persib untuk musim 2018," demikian pernyataan Persib seperti dikutip dari situs klub.

Baca Juga : Kalah dengan 10 pemain PSM, Persib Bandung harus rela angkat kaki terlebih dahulu

Tim asuhan Roberto Carlos Mairo Gomez itu pun menyayangkan kehilangan Jupe yang diplot sebagai duet Victor Igbonefo dan Bojan Malisic di Liga 1 nanti. Tanpa Jufriyanto, Pangeran Biru praktis hanya menyisakan Igbonefo dan Malisic sebagai bek tengah. Sementara, untuk pelatih Persib hanya memiliki Wildansyah.
Pada musim lalu, Jufriyanto bermain dalam 31 pertandingan di Liga 1 dengan mengemas dua gol. Mantan pemain Persita Tangerang itu juga beberapa kali menjadi kapten tim.

"Namun, demi karier yang bersangkutan, keputusan itu haruslah tetap dihormati," Persib melanjutkan.

Kendati merestui pemain yang bermain selama 2.783 menit pada musim lalu, kehilangan Jupe tetap bisa menjadi masalah untuk Persib.  Di Piala Presiden 2018, Jufriyanto hanya tampil sekali saat menang 1-0 atas Sriwijaya FC.
Saat nama Jufriyanto tidak muncul dalan lineup Persib melawan PSM, netizen sudah ramai membicarakan dirinya akan hengkang. Jufriyanto juga menjadi bagian kesuksesan Persib saat menjuarai Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.
"Segenap manajemen Persib dan mewakili bobotoh, kami mengucapkan terimakasih kepada Jufriyanto atas itikad baiknya dalam memenuhi kewajiban kontrak kerjasama selama ini," ucap Persib.

Kepastian hengkangnya Jupe disampaikan pada sesi jumpa pers setelah laga Persib kontra PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jumat (26/1) malam. Jupe yang tak masuk dalam daftar susunan pemain di laga tersebut pun hadir dalam sesi jumpa pers itu bersama manajemen tim Maung Bandung untuk memberikan keterangan resmi.

"Saya pemain profesional, saya tahu kontraknya itu seperti apa. Kalau ada yang beranggapan alasannya karena takut bersaing, itu normal. Tapi saya enggak kepikiran ke situ. Saya sudah kontrak dua tahun di sini. Tawaran itu ada sebelumnya (tanda tangan kontrak), kalau saya mau pindah kita enggak akan ketemu sekarang," kata Jupe.

Memang sebelumnya, sempat dikabarkan Jupe bakal direkrut Kuala Lumpur FA. Namun meski telah sepakat, hal itu mengalami kebuntuan karena pihak Kuala Lumpur menyebut terkendala dengan izin dari PSSI untuk mendatangkan Jupe. Tampaknya, hal itu kini tak menjadi kendala lagi sehingga proses perpindahan bek timnas Indonesia itu bisa direalisasikan.

Baca Artikel Lainnya : Kekuatan Baru Persib Bandung Yang Harus Diwaspadai Oleh Klub Lainnya

Di sisi lain, lantaran masih terikat kontrak dengan Persib, Kuala Lumpur dikabarkan harus membayar biaya transfer untuk proses ini. Tapi pihak manajemen tim Maung Bandung enggan membeberkan berapa nilai transfer yang membuat mereka rela melepas mantan penggawa Sriwijaya FC itu.

"Kami sudah diskusi dengan Jupe dan kami buat yang terbaik untuk jupe dan semuanya. Mungkin nanti akan kami selesaikan kontraknya baik-baik," ucap Teddy Tjahjono, direktur PT Persib Bandung Bermartabat.
Dengan hengkangnya Jupe, stok stopper yang dimiliki Persib kini tersisa Bojan Malisic, Victor Igbonefo, serta ada pula pemain multifungsi seperti Tony Sucipto dan Wildansyah yang bisa dimainkan di posisi tersebut.

(Sumber : goal.com dan cnnindonesia.com)
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==